Sekarang Jam ...

WELCOME

Hidup adalah Sebuah Pilihan...

Terbang atau Terinjak...

Minggu, 26 Agustus 2012

TA'ARUF=PACARAN BAIK?

Aku buat tulisan ini sebenernya cma untuk meramaikan demam yg lg nge-trend di Foranza Sillnova, sebenernya mau ditulis di kolom comment-nya tulisan kefin, tp berhubung kayaknya bkalan kebanyakan yaudah tulis aja di blog sndiri.
Jadi sebenernya aku cuma mau ngasih pandangan tentang konsep taaruf yg selama ini aku pegang ya(udah sejak kapan gatau)...gara-gara huda pake nyebut nama, jadi aku jg ikut campur...bukan sok tau atau gmna, karena emang aku sndiri bkan pakar, jd klo ada yg protes ya silakan comment aja...just share...
OK, jd klo menurutku ta'aruf(atau kefin bilang pacaran yg baik itu) sebenernya cma buat ngenalin kita sama calon. ya kelebihan2nya..kekurangan2nya ato yg sejenisnya. 
Nah, dari situ,pertama, kita bisa menentukan apakah DIA adalah orang yg sesuai dgn kita(dalam islam sih nyebutnya sekufu), klo emang COCOK, lanjut ke yang kedua, tp klo gk ya putusnya jgn sampe nyakitin(soalnya cewe emang pake perasaan bgt tiap ngadepin masalah), kedua, biasanya sih klo muslim taat maennya langsung aja. "Udah, kawin sono!..biar gk kejerumus zina", yg begini ni aman sebenernya(suka main aman, gk mau cari risiko), nah tp gk sedikit kok yg nyoba cari pengalaman, biasanya mereka menjalani tadi yang disebut kefin HTS, sebenenya tujuan dari HTS itu adalah pura-pura jadi pasangan, pas gitu kita bisa lebih merasakan hidup berbagi dengan DIA, bisa saling menghargai ato gk, mana yg mau saling dilengkapi, kan ntar bakalan bnyk masalah dan ujian selama HTS, jd makanya klo menurutku sih bener kata kefin"..Hipotesis saya, pacaran yang baik akan meminimalisir perceraian dalam rumah tangga .."karena setelah HTS-an kita bakalan bener-bener siap untuk menikah. kita bener-bener udah bisa saling menerima satu sama lain.
Masalahnya, HTS-an begini, risikonya besar, gk semua orang mau dan bisa melakukan, godaan gk sedikit, ujian gk ringan, masalah gk sepele, salah sedikit saja bsa merusak semua rencana dan ekspektasi kita(ekspektasi sering jauh dari realitas, makanya bnyak orang yg cari aman, pilih opsi lansung maen.
enaknya opsi pertama, kita aman jd seorang muslim, udah halal, gk takut kena zina...tp klo ntar di tengah jalan ada masalah yg agak berat, bakalan rame, mungkin bsa lagsung cerai(langsung kawin langsung cerai;pagi kawin sore cerai..haha).
Contoh sih udah banyak, baru aja hari raya kemaren aku dapet cerita klo saudaraku ada yg begtu...bahkan klo aku bilang orangtuaku pun begitu, cma mereka gk mau cerai meski sering bgt saling "ngamuk" satu sama lain,(curhat...)tp mereka ttp bertahan, mungkin hanya ada 1 dari 234 pasangan kali. Emang jarang yg bsa begitu. butuh skill dan ketahanan.
Sekarang opsi kedua(HTS-an), enaknya bsa ngerasain gmna rasanya pnya kekasih(meski belum pasti, dan masih "pura-pura"),  kita bsa saling mengasihi, melengkapi, curhat-curhat-an, dan lain-lain. Tapi yg begini ni risikonya bsa kena zina kecil. Dosa tetep ada klo kita kelewatan, karena secara status emang belum halal, tp emang klo bsa bertahan, bkalan lebih mantep pas nikah nanti, langgeng dah pokoknya. Klo contoh sih gak tau, soalnya aku belum pernah tau, tp secara logika mesti banyak kok yg setuju(yakin???)
Sebenernya banyak remaja sekarang yang sudah memilih opsi kedua, masalahnya banyak dari mereka yang tidak bisa menahan nafsu(penginnya langsung *******)ujung-ujungnya kena masalah, lari, putus...masalahnya gk bakalan selesai segampang itu, yg cewek bakalan punya kenangan hitam, yg cowo bakalan kena masalah(gk tau dikutuk ortunya, di nikah paksa, ato bahkan bsa bunuh diri), emang gitu sih, makanya cinta itu bukan buta tp MEMBUTAKAN.
jadi sekarang terserah kalian, mau pilih model ta'aruf yang mana, seperti kata Retas"...HIDUP itu PILIHAN", yg pnting siap menanggung risiko, konsekuen, dan bertanggung jawab...Good Luck fren...

5 komentar:

Retas Amjad mengatakan...

Nice bang Fahmi...kenapa enggak disertai dengan ayat yang kau hapal? haha
hmm,2 opsi yang sangat umum...aku rasa ya mi, it's not a simplify like that..ada berjuta kemungkinan turunan dari 2 opsi tadi..so, menurutku sih ya, everyone has it's own way..pilih opsi satu terus dimodifikasi sedemikian rupa, atau opsi ke dua dengan sedikit edit sana edit sini sesuai selera...
hanya saja dalam mengambil jalan kita sendiri, bekali saja dengan ilmu yang mendalam..biar mau milih itu mantap gitu..jangan sampe pakem sama teori abangabang cinta ini (kepin, fahmi dan siapa lagi ya hahai)
whatever nice to sharing your idea..now just time to PRACTICE it..haha..Hei, Foranza, are you ready?

Khoirul Fahmi mengatakan...

makasih tas comment-nya...sbenernya sih mau ditambah macem-macem, tp berhubung aku nulisnya langsung, gak mikir, ngalir, jd gk sempet, lagian pas nulis mataku juga udah merem melek, jd ya sederhana banget...lagian huda pake nyebut nama sih...haha, besok dah tambahin, klo udah dapet bahan...

Anonim mengatakan...

Bismillah..

nice sharing, mi. :D
kalau menurut riz, ga ada jaminan dari semua opsi itu. yang pacaran/htsan dulu, ga jamin juga bisa minimalisasi tingkat perceraian. sebaliknya, yang model taaruf trus nikah, ga jamin juga nantinya bakalan lebih ruwet kalo ngadepin masalah.
yang pacaran/htsan dulu gak sedikit yag banyak 'bohongnya'. maunya yang keliatan ya yang baik2 aja. yang taaruf, kan kenalan juga. tau visi-misi, tau tujuan masing2 juga.
tapi, ya,
kalo niatan awalnya udah baik, sama2 karena Allah, toh masalah apapun juga jadi lebih mudah. :D

Unknown mengatakan...

@riz : kalo di mabuk cinta, serius karena Allah? takut deh kayaknya
@fahmi : maap sengaja menyebut nama kamu, mungkin yang ada di hatiku saat itu kamu, mau taaruf? haha

Anonim mengatakan...

wah gak tau bang kalo itu. coba aja, hud. haha
apa dulu definisi 'mabuk cinta' itu sendiri?

*tiba2 saya merasa jadi abangabang cinta juga, =.=